Jōgan (浄眼, Mata Murni)




 "Bersiaplah… Suatu saat nanti, mata biru itu akan merenggut segalanya darimu!"

Jōgan (浄眼, Mata Murni) adalah Dōjutsu unik milik Boruto yang hanya aktif dimata kanannya saja. Dōjutsu ini merupakan warisan Klan Ōtsutsuki dan keberadaannya diketahui oleh para anggotanya. Urashiki pernah mengatakan jika mata ini cukup merepotkan untuk dilawan karena kekuatannya. Boruto adalah satu-satunya pengguna Jōgan yang diketahui.
Sama seperti Sharingan, saat Jōgan nonaktif maka mata Boruto akan kembali normal. Boruto belum bisa mengendalikannya sehingga mata ini akan aktif dengan sendirinya ketika berhadapan dengan bahaya. Bahkan, Jōgan sering aktif tanpa sebab dalam beberapa kesempatan. Pada akhirnya nanti, Boruto dewasa dapat menguasai Jōgan sepenuhnya sehingga dapat mengaksesnya kapan saja sesuka hati.
Alasan kenapa Jōgan hanya aktif di salah satu mata dan bagaimana Boruto bisa memperolehnya belum diketahui secara pasti. Dalam dua versi kemunculannya, aktifnya Jōgan digambarkan secara berbeda. Di manga, sklera dan pupil Jōgan berwarna putih sama seperti Byakugan. Sementara di anime, sklera Jōgan berwarna gelap dengan pupil berwarna biru yang terlihat jelas.
# Berikut adalah daftar kekuatan Jōgan yang telah diketahui ::
1). Melihat Sistem Aliran Chakra
Kemampuan ini mirip dengan Byakugan, dimana Boruto dapat melihat sistem aliran chakra di dalam tubuh seseorang dan menentukan dimana letak titik kelemahannya. Boruto memakai ini ketika menghadapi Nue bersama dengan Mitsuki.
2). Melihat Chakra Berbahaya
Kemampuan ini membuat Boruto dapat melihat chakra berhawa jahat dan mendeteksi dari mana asalnya. Chengxi Huang (animator Boruto) dalam cuitannya menuturkan bahwa kemampuan ini setara dengan Negative Emoticons Sensing milik Naruto yang dapat merasakan emosi negatif lawan. Kemampuan tersebut terlihat ketika Boruto menghadapi para korban Nue.
3). Melihat Pembatas Sebuah Dimensi
Dengan Jōgan, Boruto dapat melihat sebuah pembatas tak terlihat yang menghubungkan satu dimensi dengan dimensi lainnya. Tak tanggung-tanggung, Boruto bahkan juga bisa melihat dimana celah pembatas tersebut berada. Dengan menemukan celah ini, Boruto dan yang lainnya dapat keluar dari dimensi Nue dan kembali ke Bumi (Konoha).
4). Peka Terhadap Jikukan Ninjutsu
Jōgan di mata Boruto tiba-tiba mengeluarkan kilatan petir sesaat sebelum portal milik Nue muncul untuk menjemput Sumire. Kilatan ini seperti memberi Boruto peringatan akan adanya pemakaian Jikukan Ninjutsu disekitarnya. Dalam kesempatan lain, Jōgan dapat memprediksi dimana pengguna Yomutsu Hirasaka akan muncul, namun tidak disertai oleh kilatan seperti sebelumnya. Ini terjadi saat Boruto dan Shinki menghadapi Urashiki.
Ada yang masih menganggap Jōgan pemberian Toneri? Tidak, itu tidak benar. Sejatinya, mata tersebut murni berasal dari diri Boruto sendiri. Toneri hanya membantu Boruto untuk mempercepat kebangkitan Jōgan saja, supaya mata tersebut bisa digunakan lebih awal. Jōgan yang bangkit sebelum waktunya dikarenakan Toneri memakai kekuatan yang berada diluar nalar manusia untuk melakukannya.
Meski terbelenggu oleh Ryūgūjō yang membuat tubuhnya membatu/membeku, namun Toneri sendiri dinyatakan masih hidup sampai sekarang dan berpotensi muncul kembali di masa depan. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh sutradara anime Boruto, yakni Masayuki Kouda dalam cuitan akun Twitter-nya. Hanya tersisa bagaimana cara Toneri bisa terbebas dari alat pembeku waktu tersebut saja.
• Sumber :
- Novel Boruto Ke-3 (Toneri bantu Jōgan)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yomawari: Midnight Shadows PC Game Free Download

Download GTA San Andreas Mobile Lite

Anime Bertemakan Perang dan Militer Terbaik